T.U.G.A.S – I

Posted: 10 Juni 2011 in Chintya Bunga
1. Bacalah skripsi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elka/Elko bidang pendidikan
dan buat kerangka karangannya
2. Carilah 5 sumber yang disebut dalam skripsi tersebut atau pembanding artikel yang Anda
unduh lewat internet. Dapat juga dicari lewat perpustakan.

3. Hasil unduhan harus jelas alamatnya dan waktu pengunduhan untuk dapat dicek ulang. Jika lewat perpustakaan harus jelas sumber bukunya. Anda pun diminta mengulas paling panjang 100 kata-kata tentang ide masing masing tulisan tersebut.

4. Hasil kerja Anda harus dikirim masuk ke Blog Anda dan diperiksa dari upload Anda di Blog.
Jawaban :

Judul Skripsi : Pengaruh Minat dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Elektronika Siswa SMP Kelas II di Jakarta Timur
Pembuat Skripsi : Yuanita
No.reg : 518131050
Jurusan : Pendidikan Teknik Elektronika
Fakultas : Pendidikan Teknologi Kejuruan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tempat dan Tahun Pembuatan : Jakarta 1986

Pembimbing Pertama : Drs. Bambang DP

1. Kerangka karangan

Skripsi ini mengangkat hubungan antara minat dan kreativitas mempengaruhi hasil belajar keterampilan elektronika siswa SMP kelas 2 di Jakarta Timur. Skripsi ini menerangkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh minat karena tanpa didasari minat sulitlah siswa akan berhasil dan minatlah yang menjadi motivasi siswa dalam berprestasi. Selain itu hasil belajar juga dipengaruhi oleh kreativitas karena hanya dengan kreasi orang dapat mewujudkan dirinya, memberikan kepuasan kepada individu dan memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya. Kemudian skripsi ini mengkaitkan antara minat dan kreativitas tersebut ke dalam bidang studi keterampilan elektronika karena bidang studi ini bersifat menumbuhkan kemampuan yang berbentuk latihan keterampilan dan cara pendekatan pengajarannya tidak lepas dari pandangan guru sebagai pendidik.

2. Artikel pembanding

a. http://amongraga.multiply.com/journal/item/10 di unduh tanggal 13 Maret 2010

b. http://edu-articles.com/kreativitas-teknik-probing/ di unduh tanggal 13 Maret 2010

c. http://eko13.wordpress.com/2008/03/16/pengertian-kreativitas/ di unduh tanggal 13 Maret 2010

d. http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASH015f/cc5bf13b.dir/doc.pdf di unduh tanggal 13 Maret 2010

3. Mengulas tentang ide masing – masing tulisan paling panjang 100 kata
a. Menurut W.S. Rendra, proses kreatif adalah manjing ing kahanan nggayuh ngarsaning Hyang Widi (melebur dalam dunia nyata dan merengkuh dunia keilahian).

b. Teknik probing adalah suatu teknik dalam pembelajaran dengan cara mengajukan satu seri pertanyaan untuk membimbing pebelajar /siswa menggunakan pengetahuan yang telah ada pada dirinya guna memahami gejala atau keadaan yang sedang diamati sehingga terbentuk pengetahuan baru. Teknik ini dapat memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

c. Kreativitas adalah proses konstruksi ide yang orisinil (asli), bermanfaat, variatif (bernilai seni) dan inovatif (berbeda/lebih baik).

d. Minat merupakan faktor yang sangat prinsip dalam memperoleh keberhasilan dalam belajar. Bila siswa tersebut tidak memiliki minat maka akan menimbulkan kesulitan dalam belajar dan berpengaruh terhadap keberhasilan dalam belajar.

e. Menurut Dalyono (dalam Djamarah 2000 : 157) minat belajar yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi, sebaliknya minat belajar kurang akan menghasilkan prestasi yang rendah.

4. blog kelompok : https://094biftunjelkanonregkelompokhepii.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s