Tugas Jurnal -Skripsi-

Posted: 11 Juni 2011 in Ariannah Ruth

SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS SMS DENGAN PHP-MYSQL

ADI SULAIMAN

5215062160

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

2011

 ABSTRACT

ADI SULAIMAN, School of Information System Based SMS Gateway, Thesis, Jakarta: Faculty of Engineering, State University of Jakarta 2011.

School information system contained in the form of SMKN 29 Jakarta school information boards, suggestion boxes and critics posses a weakness, especially on the participation of parents and students who are low in utilizing information system. SMS (Short message Service) is a technology for delivering the message brief. SMS is a technology that has been known to the public at large, and even has become a need for information.

Development of school-based information system SMS Gateway using the linear sequential model methodology that has four stages: analysis, design, coding, and testing. Programming language used was PHP, using MySQL database storage, and engine SMS Gateway using Gammu.

This school information system will respond to the SMS sent by the parents and students to school with SMS format has been determined. This system will also receive and store SMS both have entered or who have come out. The benefits of this system design is to help parents and students to get information about grades, attedance, student violation points wherever he is in addition, another benefit is to improve the service quality of academic information management school in accordance with inputs from parents and student.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Perkembangan informasi yang semakin cepat dan mudah memberikan kemudahan

seseorang untuk mengakses informasi dari manapun. Salah satu permasalahan yang dihadapi orang tua siswa adalah kekurangan waktu untuk mengawasi putra/i nya karena kesibukan sehari-hari. Sehinggadapat mengurangi permasalahan yang dialami orang tua siswa.

Salah satu teknologi Informasi yang berkembang sangat pesat adalah Media internet dengan menggunakan website yang dapat diakses dari mana saja, sehingga memudahkan setiap penggunanya untuk mencari dan mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Permanfaatan teknologi internet dimaksudkan untuk kebutuhan akan penyampaian dan pencarian informasi yang cepat sebab internet sebagai jaringan yang sangat luas merupakan sarana yang efektif dan efisien untuk penyampaian dan pencarian informasi.

Demikian  pula dengan layanan SMS sebagai salah satu layanan seluler yang populer serta diminati, karena penggunaanya yang relatif mudah serta biayanya yang sangat murah. Dalam dunia Pendidikan pemanfaatan internet sudah cukup banyak tetapi ada satu layanan yang belum dimanfaatkan yaitu SMS saat ini hampir semua orang mempunyai Handphone. Dengan Handphone selain dapat digunakan untuk menelepon juga dapat untuk mengirim pesan melalui SMS (Short Message Service) dan memiliki keunggulan dalam fleksibilitas, selama ini kebanyakan sekolah menggunakan fasilitas internet dalam memberikan informasi kepada pihak luar tetapi pemanfaatannya masih belum maksimal karena tidak semua orang memiliki dan paham akan teknologi internet. Oleh karena itu layanan SMS merupakan salah satu solusi untuk memaksimalkan sebuah sistem informasi dalam dunia pendidikan. Dengan mengetahui keunggulan layanan SMS, alangkah baiknya bila teknologi SMS diterapkan di sekolah sehingga memberikan informasi yang maksimal.

Dengan demikian untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dirancang suatu sistem untuk mengakses informasi berbasis SMS, dikarenakan hampir seluruh orang tua siswa memiliki telepon selular serta mampu membaca pesan singkat SMS. Sehingga dengan adanya sistem ini dapat orang tua siswa mengakses informasi yang dibutuhkan dengan lebih praktis, dan juga menghemat biaya.

1.2  Perumusan Masalah

Dari proses latar belakang  masalah yang dikemukakan sebelumnya, maka masalah yang dapat diambil sebagai perumusan masalahnya yaitu :

Bagaimana merancang dan membuat aplikasi untuk mengakses informasi sekolah berbasis sms sehingga murid atau orang tua mendapatkan informasi yang lebih cepat dan efisien?

1.3  Pembatasan Masalah

Melihat luasnya lingkup permasalahan, agar memperoleh hasil penelitian yang optimal dan terfokus, maka penelitian ini dibatasi pada : proses pengembangan aplikasi dengan hardware berupa Handphone Siemens C55 dan Software Gammu sebagai SMS Gateway.

1.4  Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan layanan sistem informasi sekolah sehingga menghasilkan suatu layanan  informasi yang bernilai guna.

1.5  Kegunaan Penelitian

Beberapa kegunaan dari penelitian ini diantaranya adalah :

  1. Mengembangkan layanan informasi berupa SMS dengan biaya yang relatif murah.
  2. Memberikan fasilitas peringatan dini kepada wali murid, dengan memberikan informasi ketika siswa melakukan pelanggaran.
  3. Sebagai layanan informasi alternatif dalam pengiriman pengumuman/pemberitahuan/peringatan kepada wali murid sebagai ganti surat edaran sekolah, yang akan lebih menjamin informasi tersebut sampai ke wali murid, dengan baiya yang relatif tidak berbeda jauh dengan biaya fotocopy surat edaran bahkan mungkin di masa mendatang akan jauh lebih murah.
  4. Meningkatkan citra sekolah sebagai sekolah yang peduli, transparan, dan maju selangkah dibidang teknologi.
  5. Dengan fasilitas SMS memberikan kemudahan ornag tua siswa yang kurang memahami fasilitas internet.
  6. Bagi orang tua memudahkan pemantauan dan pengawasan putra-putrinya kapanpun dan dimanapun.

BAB II

KERANGKA TEORITIS DAN KERANGKA BERPIKIR

2.1 Kajian Teoritis

Pengertian Sistem

Menurut Raymond McLeod (2001), diacu dalam Eti Rochati (2009) sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian data dan informasi

Menurut Kadir, perbedaan antara data dan informasi sering menjadi titik awal untuk memahami sistem informasi.

2.2 Kerangka Berpikir

Sistem informasi sekolah untuk SMKN 29 berbasis SMS

Sistem informasi ini berisi mengenai informasi nilai, point pelanggaran yang telah dilakukan siswa. Informasi bisa di peroleh dengan cara mengirimkan sesuai format yang telah ditentukan. Pengujian aplikasi untuk uji coba.

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Tempat dan Waktu penelitian

Penelitian dilakukan di laboraturium komputer teknik elektro fakultas teknik universitas Negeri Jakarta yang dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2010 dan pengambilan data dilakukan di SMKN 29 Jakarta pada bulan Januari 2011.

3.2 Metode Pengembangan Sistem

Metode pengembangan sistem yang digunakan pada perancangan sistem informasi sekolah adalah Linear Sequential Model atau sering juga disebut sebagai model waterfall. Metode ini mengusulkan sebuah pendekatan kepada perkembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh analisis, perancangan, kode, pengujian dan pemeliharaan. Metode ini memiliki empat tahapan, yaitu tahap analisis perancangan, kode, dan pengujian. Skema dari linear sequential model.

BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa :

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa :

  1. Sistem Informasi sekolah berbasis teknologi SMS diwujudkan dengan pembuatan suatu aplikasi menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, MySQL sebagai basis data dan Gammu sebagai Engine SMS Gateway.
  2. Sistem Informasi sekolah dapat memberikan informasi nilai, data pelanggaran dan jumlah pelanggaran yang dilakukab dengan mengirimkan SMS sesuai dengan format SMS telah ditentukan.
  3. Sisitem Informasi sekolah ini juga dapat memberikan laporan SMS masuk, SMS keluar dan SMS Opini, saran dan kritik dari orang tua kepada sekolah untuk dijadikan pertimbangan dalam perbaikan pelayanan pendidikan kepada sekolah.

4.2 Saran

Sistem informasi sekolah yang dibangun masih memiliki keterbatasan, dan beberpa hal yang dapat dikembangkan adalah :

  1. Diperlukan sosialisasi yang baik sehingga orang tua siswa tahu akan hadirnya sistem informasi sekolah yang berbasis teknologi SMS.
  2. Pengembangan sistem informasi sekolah ini dapat dikembangkan di seluruh sekolah, sehingga dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas.

DAFTAR PUSTAKA

  • Kadir Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta:Andi.
  • Rochati Eti, Rahayuningsih Pontjorini, Gustiyanti Prima. 2009. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
  • Wahana Komputer, 2005, Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS dengan Java. Jakarta: Salemba Infotek.
  • Gwenae IleBodic, 2003. Mobile Messaging Technologies And Service SMS,  EMS And MMS. France: Alcatel.
  • Hengky Prihatna. 2004. Kiat Praktis Menjadi Webmaster Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  • Kristanto Andri, 2010. Kupas tuntas PHP dan  MySQL, Jakarta: Cablebook.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s